Kategori
Artikel

Aqiqah Anak Umur Satu Tahun, Bagaimanakah Aqiqahnya?

Aqiqah Anak Umur Satu Tahun – Anak anak merupakan pelengkap dan juga idaman bagi senuah keluarga, apalagi bagi pasangan yang baru saja menikah. Tentu mereka menginginkan buah hati di tengah-tengah mereka untuk melengkapinya.

Saking bahagianya, mereka rela menyiapkan segala kebutuhan sang buah hati kelak hingga kebutuhan nutrisi ibu yang mengandungnya hingga kelak ia dilahirkan ke dunia.Kelahirannya kelak kan memeberikan rona warna dan juga kebahagiaan tersendiri bagi orang tuanya, keluarga, kerabat, dan orang terdekat.

Demi menyempurnakan kebahagiaannya melaksanakan aqiqah sang anak bisa menjadi pelengkapnya. Selain daripada melaksankaan aqiqah sebagai ajaran agama tentunya.

Namun dalam melaksanakan aqiqaah bagi sang anak tidaklah seindah kata terucap. Kadangkala ada yang kesusahan saaat melaksanakan ibadah aqiqah bagi sang anak pada hari ke 7, 14, dan 21 hingga ternyata sang anak sudah berumur 1 tahun.

Aqiqah pada Anak Umur Setahun

Bolehkanh melaksanakan aqiqah saat anak sudah menginjak umur 1 tahun? mungkin banyak yang bertanya mengenai ini, berikut penjelasannya

“Setiap bayi tergadai dengan aqiqahnya, disembelihkan (kambing) untuknya pada hari ke tujuh, dicukur dan diberi nama” [HR Abu awud, no. 2838, at-Tirmidzi no. 1522, Ibnu Majah no. 3165 dll dari sahabat Samurah bin Jundub Radhiyallahu anhu.)

Hadis tersebut menjelaskan bahwasanya setiap bayi yang kahir tergadai dengan aqiqahnya. Maksudnya ialah sangat dianjurkan bagi orang tua untuk melaksanakan aqiqah bagi sang buah hati.

Bagi anak laki-laki adalah 2 ekor kambing sedangkan bagi anak permpuan ialah 1 ekor kambing. Juga dilaksanakan saat hari ke tujuh setelah kelahirannya dan diberikan nama.

Menjawab pertanyaan di atas maka aqiqah untuk anak berumur satu tahun, disunnahakn untuk tetap melaksanakannya. Sedangkan jika anak sudah baligh, ulama berbeda pendapat mengenai melaksanakannya. Pendapat yang paling masyhur ialah jika sudah baligh maka orang tua terlepas dari mengaqiqahkan anaknya.

Pelaksanaan Aqiqah

Tata cara pelaksanaan dari aqiqah anak yang sudah berumur satu tahun dan ataupun ketika masih 7,14,21 hari tidaklah ada bedanya. Jadi pada kesimpulannya semua sama saja.

Begitu pula dengan memakan sebagian daging aqiqah, tidak ada larangan untuk memakannya sebagian. Juga tidak ada larangan memabgikannya dalam keadaan mentah maupun matang. Namun baiknya dibagikan dalam keadaan matang.

Pastikan dalam mengelola aqiqah sang bauah hati kepada lembaga aqiqah terpercaya, seperti Aqiqah Bilik Kambing ini. Mulai dari penyembelihan kambing aqiqah, memasaknya semua sesuai dengan syariat Islam.

Masakan hasil olahannyapun juga enak, empuk dan tentu saja bau yang biasanya melekat pada daging kambing tidak ada. Hal ini dikarenakan kami memiliki tim yang handal berpengalaman dalam pengolahannya.

Silakan konsultasikan aqiqah anda dengan jasa aqiqah bilik kambing terpercaya kami. Jika anda bingung dengan aqiqah anak umur satu tahun atau bahkan lebih silakan hubungi kami untuk penjelasan dan tata cara pelaksanannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
×
×
×
×
×
×
×
×
×
×
×