Kategori
Artikel

HUKUM AQIQAH JANIN YANG KEGUGURAN

HUKUM AQIQAH JANIN YANG KEGUGURAN

Aqiqah Janin Yang Keguguran – Jika janin belum memasuki masa ditiupkannya ruh yaitu usia lebih dari 4 bulan dalam kandungan, maka tidak di anjurkan untuk melaksanakan aqiqah, namun jika janin sudah usia dimasuki ruh yaitu usia lebih dari 4 bulan dalam kandungan, maka dianjurkan untuk melaksanakan aqiqah.

Jumlah kambing yang diaqiqahi dianjurkan 2 kambing guna untuk hati- hati, namun jika menghendaki 1 kambing saja hukumnya boleh, hanya saja 2 kambing lebih utama. Wallohu a’lam.

Baca Juga, Gugurnya Kesunahan Aqiqah

BEBERAPA HADIST YANG MERIWAYATKAN AQIQAH ADALAH SEBAGAI BERIKUT

Aqiqah Janin Yang Keguguran – Dari Sulaiman ibn Amir Adh Dhaby Radliyallahu Anhu berkata: Rasulullah SAW bersabda:

“anak yang baru lahir hendaknya diaqiqahi, alirkanlah darah (sembelihlah kambing) dan hilangkanlah kotoran serta penyakit yang menyertai anak tersebut (cukurlah rambutnya).” (H. R.Bukhori dalam shahihnya secara mu’allaq (tanpa menyebutkan sanad) dan Thahawi menilai hadits itu sebagai hadits maushul. Hadits itu juga diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Daud, dan Turmudzi)

Diriwayatkan oleh Samurah bin Jundab rodliyallahu anhu berkata: Rasulullah SAW bersabda:

“setiap anak yang dilahirkan itu tergadai dengan aqiqahnya, yaitu seekor kambing yang disembelih untuknya pada hari ketujuh, lalu si anak diberi nama dan rambut kepalanya dicukur.” (h. R. Tirmidzi, Abu Daud, Ibnu Majah)

Diriwayatkan bahwa Aisyah berkata: Rasulullah SAW bersabda:

“untuk anak laki-laki sembelihlah dua ekor kambing, untuk anak perempuan satu ekor saja.” (H. R. Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hiban)

Diriwayatkan dari Imam Ahmad bahwa Aisyah rodliyallahu Anha berkata:

“Rosulullah memerintahkan kami mengaqiqahkan anak perempuan dengan seekor kambing dan anak laki-laki dengan dua ekor kambing.”(H. R. Ahmad, At Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hiban)

Ummu Kurz al Ka’biyah r.a. berkata:

“aku bertanya kepada Rasulullah SAW tentang Aqiqah, kemudian beliau menjawab. ‘untuk anak laki-laki disembelihkan dua ekor kambing yang sama ukurannya (umurnya) dan untuk anak perempuan satu kambing saja. Tidak jadi masalah, apakah kambing itu jantan maupun betina.” (H. R. Ahmad, At Tirmidzi, An Nasa’i, Ibnu Majah. Abu Daud)

Demikian hadist- hadist terkait pentingnya aqiqah, dilihat dari hadist hadist tersebut, kita bisa tahu betapa dianjurkannya aqiqah bagi yang mampu, dan daging yang dibagikan ke masyarakat adalah daging yang sudah masak atau matang.

HIKMAH DARI AQIQAH

Aqiqah Janin Yang Keguguran – Mendapat pahala – Aqiqoh bagian dari sunnah Rosul, yang melakukan mendapat pahala dan yang tidak melakukan tidak mendapat dosa, jadi dengan kita ikut sunah Rosul, itu menunjukkan cinta kita pada Rosululloh.

Menghilangkan kotoran dan penyakit – disunahkan dalam aqiqah untuk mencukur rambut dengan niat menghilangkan dari penyakit dan kotoran.

Mempererat hubungan baik dengan sesama – Karena daging aqiqah pasti dibagikan ke sesama, maka dari itu hal tersebut membuat terjalinnya kebersamaan antar sesama.

Paket Aqiqah Lengkap dan Murah, klik Sini

REFERENSI

: .فائدة قال ابن حجر ومثله ش ق لا تستحب العقيقة كالتسمية عن السقط إلا إن نفخت فيه الروح إذ من لم تنفخ فيه لا يبعث ولا ينتفع به في الآخرة.

بشرى الكريم٢/١٢٩

و يحصل بها أصل السنة ولو قبل انفصال الولد بعد إمكان نفخ الروح فتسن عن سقط بلغ ذلك.

إلشرقاوي ٢/٤٧٠

تسن العقيقة على الغلام وهي في حقه شاتان و تسن عن غيره من أنثى و خنثى وهي في حقهما شاة،___والمراد بالغلام ولو سقطا إن بلغ أوان نفخ الروح فيه.

Satu tanggapan untuk “HUKUM AQIQAH JANIN YANG KEGUGURAN”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
×
×
×
×
×
×
×
×
×
×
×