Kategori
Artikel

ADAB DAN ETIKA MEMBERI NAMA ANAK DALAM ISLAM

ADAB DAN ETIKA MEMBERI NAMA ANAK DALAM ISLAM

Etika Memberi Nama Anak – Bersamaan dengan aqiqahnya si bayi, pemberian nama pada bayi di tentukan. Di era semakin modern ini, banyak orang- orang yang beragama islam dengan gaya modernnya salah satunya dari segi nama. Nama yangkebarat- baratan lebih di pilih tinimbang nama dalam versi arab. Dalam Islam, pemberian namapun ada adab dan etikanya.

Berikut Adalah Adab Dan Anjuran Dalam Pemberian Nama Dalam Islam;

  • Disunnahkan memberi nama anak dengan ‘Abdulloh dan ‘Abdul Rahman. Dikarenakan kedua nama ini adalah nama terbaik. Sebab nama tersebut adalah nama yang paling dicintai dan disukai oleh Alloh. Di sisi lain makna kedua nama ini juga menunjukkan sikap penghambaan (‘ubūdiyyah) yang merupakan hakikat dari kehidupan manusia. Rosululloh bersabda: (( أَحَبُّ الأَسْمَاءِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى عَبْدُ اللَّهِ وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ )) “Nama yang paling disukai oleh Alloh SWT adalah ‘Abdulloh dan ‘Abdul Rahman.” (HR. Abu Dawud, at-Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad dan lain-lain, shahih)
  • Disunnahkan pula memberi nama yang mengandung makna penghambaan terhadap nama-nama Alloh SWT yang baik (al asmā al-husnā). Berdasarkan hadits shahih di atas, para ulama menganjurkan memberikan nama bagi anak dengan menyandarkan kata “Abdu” kepada nama dari nama-nama Alloh yang baik. seperti Abdul Hamid (hamba Dzat Yang Maha Terpuji), Abdul Hakam (hamba Dzat Yang Maha Menetapkan), Abdul Mu’iz (hamba Dzat Yang Maha Memuliakan), Abdul Halim (hamba Dzat Yang Maha Penyantun), Abdul Kabiir (hamba Dzat Yang Maha Besar) dan lain sebagainya.
  • Memberikan nama dengan nama-nama Nabi dan para Rosul. Akhlak Nabi dan para Rosul adalah yang terbaik dan amal mereka adalah yang terbersih. Menamai dengan nama-nama mereka, maka akan senantiasa mengingat-kannya kepada mereka, sifat-sifat dan karakter mereka. Nabi Muhammad sendiri telah menamai putera be-liau dengan nama moyangnya, yaitu Ibrahim.
  • Memberi nama pada anak dengan nama-nama orang yang shaleh dari kaum Muslimin. Diriwayatkan dari Mughirah bin Syu’bah, dari Rosululloh bahwa beliau bersabda: (( إِنَّهُمْ كَانُوا يُسَمُّونَ بِأَنْبِيَائِهِمْ وَالصَّالِحِينَ قَبْلَهُمْ )) “Sesungguhnya mereka biasa nama pada anak dengan nama-nama para Nabi mereka dan orang-orang shaleh yang hidup sebelum masa mereka.” (HR. Muslim). Adapun orang-orang yang shalih dari umat ini adalah para sahabat Nabi Muhammad. Karena itu, sepatutnya bagi kaum Muslimin memberi nama kepada anak laki-laki mereka dengan nama para sahabat Nabi, seperti Abu Bakar, Ali, Umar, Utsman, Amir, Zaid, Zubair, Salman, dan lain-lain. Begitu pula memberi nama pada bayi perempuan, hendaknya mereka memberi nama dengan nama-nama para sahabiyah Nabi, seperti Aisyah, Khadijah, Zainab, Khaulah, Shafiyyah, Asma’, dan lain-lain.

Baca Juga. Etika Mencukur Rambut Bayi.

Sedangkan Pemberian Nama Yang Dilarang Dalam Islam Adalah Sebagai Berikut;

  • Memberi nama pada bayi dengan nama yang mengandung arti penghambaan kepada selain Alloh SWT. Seperti nama Abdur Rosul (hamba Rosul), Abdul Umar (hamba Umar), Abdul Husain (hamba Husain), Abdul Qomar(hamba bulan) dan lain sebagainya.
  • Memberikan nama dengan salah satu nama dari nama-nama Alloh SWT. Nama yang hanya khusus digunakan untuk Alloh maka tidak boleh digunakan untuk menamai anak, misalnya al Malik (Dzat Yang Maha Merajai), al Khaliq (Dzat Yang Maha Pencipta), ar Hakam (Dzat Yang Maha Menetapkan), al Ahad (Dzat Yang Maha Esa) dan lain sebagainya.
  • Memberikan nama pada anak dengan nama-nama khusus untuk orang-orang kafir. Ujian dan fitnah yang melanda kaum Muslimin saaat kini ialah menjadikan nama-nama orang kafir sebagai nama trend. Terutama di daerah perkotaan, bahkan akhir-akhir ini orang- orang perdesaan juga mulai mengikuti trend. Beberapa contoh nama yang yang khusus untuk orang- orang kafir seperti Petrus, Georgius, George, Diana, Mantius dan lain sebagainya.
  • Memberikan nama pada anak dengan nama-nama berhala. Di antaranya adalah Latta, Uzza, Isaf, Mannat, Nailah, Hubal dan lain-lainnya.

Paket Aqiqah Lengkap dan Murah, Klik Sini.

Satu tanggapan untuk “ADAB DAN ETIKA MEMBERI NAMA ANAK DALAM ISLAM”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
×
×
×
×
×
×
×
×
×
×
×