Kategori
Artikel

Hewan untuk Aqiqah, Apakah sama dengan Hewan Kurban?

Hewan untuk Aqiqah – Di dalam melaksanakan aqiqah disyariatkan untuk menyembelih hewan. Yang mana ketentuannya ialah dua ekor kambing untuk anak laki laki dan satu ekor kambing untuk anak perempuan.

Nah sekarang yang jadi pertanyaan di benak kita adalah apakah ketentuan hewan sembelihan untuk aqiqah sama dengan hewan sembelihan yang dijadikan kurban Idul Adha?

Ketentuan Hewan Ternak untuk Kurban

Dalam melaksanakan ibadah tentu ada hal-hal yang perlu dilakukan dan dilengkapi. Jika dalam memilih hewan kurban untuk aqiqah sebenarnya sama dengan hewan yang akan disembelih untuk Kurban. Hanya saja hewan yang disembelih adalah kambing.

Maka dari itu perhatikan hal-hal berikut

1. Usia Hewan Kurban
Memilih Hewan yang kelak digunakan kurban tidaklah sembarangan. Jika hewan yang akan disembelih sebagai hewan kurban ialah kambing, maka umurnya mimal adalah satu tahun, dan jika itu domba maka adalah 6 bulan

Cara yang mudah untuk mengetahui umur dari hewan kurban itu ialah dengan memperhatikan giginya. Jika usianya sudah memenuhi syarat untuk disembelih maka giginya pasti sudah berganti atau tanggal (dua gigi susu di depan)

Selanjutnya warna gigi hewan ternak tersebut terlihat lebih gelap. Hal tersebut sebagai tanda bahwasanya gigi susu sudah berganti dan menandakan hewan tersebut cukup dewasa untuk disembelih

2. Hewan tidak ada cacat
Memilih hewan ternak yang kelak akan disembelih adalah pastikanlah bahwasanya hewan tersebut tidak ada cacat. Kecacatan yang ada pada hewan menjadikan hewan ternak tersebut tidak sah menjadi hewan ternak.

3. Pilih Hewan Sehat
Memilih hewan yang digunakan untuk desembelih selanjutnya ialah dengan memilih hewan yang sehat. Tentu anda tidak ingin mendapati yang memakan daging hewan sembelihan anda sakit bukan?

Secara fisik mungkin hewan tidak cacat dan juga terlihat sehat. Tapi apakah anda yakin jikalau hewan tersebut tidak menderita penyakit? Contoh saja seperti cacing hati, atau hewan tersebut terinfeksi virus antrax

Jadi, selain memilih hewan ternak yang tidak cacat juga diperhatikan pula kesehatan dari hewan tersebut. Jangan sampai anda membeli hewan yang sakit sehingga menjadikan yang makan menjadi sakit.

4. Nafsu Makan Hewan Baik
Hewan ternak yang kelak dijadikan sembelihan tentu memiliki nafsu makan yang baik, jika hewan tersebut sehat tentunya. Juga akan lebih baik lagi jika anda memeriksa Surat Keterangan Kesehatan Hewan kepada penjual.

Hewan kurban yang nafsu makannya bagus dapat dipastikan badannya gemuk, cerah warna kulitnya juga mengkilat. Kemudian moncong kering tanpa ingus.

5. Sesuaikan dengan Dana Anda
Sekian banyak tips trik memilih hewan yang akan disembelih kelak, maka tips yang terakhir ialah sesuaikan dengan dana anda. Pada dasarnya membeli hewan kurban bukanlah suatu keterpaksaan, namun ia ialah suatu keikhlasan dalam melaksanakan ibadah

Demikianlah pemaparan dari Hewan untuk Aqiqah dan kurban. Semoga Bermanfaat

Satu tanggapan untuk “Hewan untuk Aqiqah, Apakah sama dengan Hewan Kurban?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
×
×
×
×
×
×
×
×
×
×
×