Kategori
Artikel

Simak Hikmah Melaksanakan Aqiqah

Hikmah melaksanakan Aqiqah – Pensyariatan aqiqah, yaitu ibadah menyembelih kambing pada saat hari ketujuh setelah kelahiran sang buah hati.

Hikmah Pensyariatan Ibadah Aqiqah

Aqiqah yang juga masuk dalam fikih ibadah tentu memiliki banyak sekali hikmah-hikmah dari pelaksanaannya. Berikut ini ialah hikmah-hikmah dari disyariatkannya aqiqah

Yakni yang Pertama ialah mengikuti jejak Nabi Muhammad SAW. Juga meneladani Nabi Ibrahim AS yang menebus putranya yakni Ismail AS.

Nabi Muhammad SAW adalah seorang pembawa perubahan yang sukses merubah aqidah suatu kaum yang sesat menuju kepada aqidah yang benar. Juga dengan Beliau terselamatkan manusia dari lembah kejahilan kepada dunia yang penuh dengan ilmu pengetahuan.

“Sungguh ada pada diri Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagi orang yang mengharapkan rahmatnya dan percaya kepada adanya hari qiamat dan banyak -banyak menyebut nama Allah Swt.” (Al-Ahzab:21)

Oleh karena hal itu, sebaiknya sebagai ummat Nabi Muhammad ikutilah dan mari meneladani kehidupan Rasulullah juga mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari kita.

Kedua ialah bahwasanya dengan pelaksanaan ibadah aqiqah sendiri merupakan suatu wujud permohonan kepada Alla SWT agar terhindarkan dari godaan setan.

Sudah jelas bahwasanya setan iblis adalah musuh nyata bagi manusia. Tidak perduli bagaimanapun caranya, mereka akan terus menggoda manusia. Baik ketika baru terlahir maupun kelak ketika akan mati.

“Setiap anak itu tergadai dengan aqiqahnya.” Dengan ditunaikan aqiqah untuk sang buah hati, Insya Allah lebih terlindung baginya dari godaan dan gangguan setan terlaknat

Hal inilah yang dimaksud oleh Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyah “bahwa lepasnya dia dari setan tergadai oleh aqiqahnya”.

Ketiga, Aqiqah merupakan juga suatu tebusan bagi anak untuk dapat memberikan syafaat bagi orang tuanya kelak di hari akhir.

Pendapat tersebut memanglah mendapat yang lemah dibandingkan pendapat yang lain. Namun pendapat satu ini juga tidak bisa kita abaikan sepenuhnya. Karena kita dapat mengambil hikmah darisana

Keempat, pelaksanaan aqiqah sendiri juga merupakan jalan untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Karena pada dasarnya aqiqah sendiri juga ibadah juga perwujudan rasa syukur kepada Allah SWT. Sungguh tidak berkah hidup di dunia jika tidak mendekatkan diri kepada Allah SWT

Kelima, aqiqah juga memiliki hikmah dalam menampakkan rasa gembira atas dikarunakannya seoran anak yang akan meneruskan perjuangan agama Islam.

Sungguh bahagia tak terkira jika kita memiliki saudara baru mukmin yang akan memperbanyak umat Rasulullah SAW pada Hari Kiamat.

Keenam, aqiqah juga dapat memperkuat ukhuwah (persaudaraan) baik agama maupun kemasyarakatan. Karena darinya kita saling berbagi rizki berupa makanan juga makan bersama.

Ketujuh, juga merupakan perwujudan dan implementasi prinsip keadilan sosial juga suatu langkah menghapus kemiskinan di tengah-tengah masyarakat.

Demikianlah hikmah-hikmah dari pelaksanaan aqiqah. Sebenarnya masih ada banyak lagi, namun kiranya cukup bagi kami menampilkan poin pentingnya saja. Semoga bermanfaat

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
×
×
×
×
×
×
×
×
×
×
×