Kategori
Artikel

BAGAIMANA HUKUM AQIQAH DENGAN SELAIN KAMBING

HUKUM AQIQAH DENGAN SELAIN KAMBING

Aqiqah Dengan Selain Kambing – Jika mengikuti apa yang sudah dilakukan nabi Muhammad, nabi Muhammad melaksanakan aqiqah kepada cucunya dengan menyembelih kambing.

عَقَّ النَّبِيُّ عَنِ الحَسَنِ وَالحُسَيْنِ عَلَيْهِمَا السَّلاَمِ كَبْشاً كَبْشاً

Rasulullah menyembelihkan untuk Sayyid Hasan dan Sayyid Husain masing-masing satu ekor kambing kibas. (HR. Bukhari)

Apakah boleh dengan selain kambing?

kebanyakan ulama memperbolehkan aqiqah dengan selain kambing, dengan catatan hewan tersebut adalah hewan yang diperbolehkan untuk digunakan qurban. Sedangkan jika aqiqah dilaksanakan dengan selain hewan qurban, maka ulama sepakat aqiqah tersebut tidak sah.

Berikut adalah pengertian dari aqiqah;

مَا يُذَكَّى عَنِ الْمَوْلُودِ شُكْرًا لِلَّهِ تَعَالَى بِنِيَّةٍ وَشَرَائِطَ مَخْصُوصَةٍ

Hewan yang disembelih atas kelahiran sang bayi sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT disertai niat dan syarat-syarat tertentu.

Aqiqah Dengan Selain Kambing – Syarat dari pada aqiqah adalah dengan menyembelih hewan yang diperbolehkan untuk qurban. Jika yang dipraktekkan selain dari pada hewan qurban, maka hukum aqiqahnya batal, hanya saja mendapat pahala shodaqoh.

Baca Juga, Hukum Aqiqah Dengan Uang Hutang.

IJTIHAD ULAMA

Dengan apa yang dipraktekkan nabi Muhammad, maka dalam hal ini para ulama berbeda pendapat.

Jumhur Ulama

Kebanyakan ulama memperbolehkan aqiqah dengan selain kambing yaitu pada hewan sapi, kerbau, unta. Imam Ibnul Mundzir memperbolehkan aqiqah dengan selain kambing, dengan alasan:

مَعَ الْغُلَامِ عَقِيقَةٌ فَأَهْرِيقُوا عَنْهُ دَمًا وَأَمِيطُوا عَنْهُ الْأَذَى

Bersama bayi yang lahir ada aqiqahnya, maka sediakanlah hewan sembelihan, dan hilangkanlah gangguan darinya.” (HR. Bukhari)

hadist tersebut tidak di khususkan pada hewan kambing.

Ibnul Mundzir menceritakan; bahwa Anas bin Malik mengaqiqahkan anaknya dengan seekor unta. Dari Al-Hasan, dia berkata bahwa Anas bin Malik untuk mengaqiqahkan anaknya, belaiu menyembelih unta.

Hal itu juga dilakukan oleh sahabat yang lain, yaitu Abu Bakrah, beliau pernah melaksanakan aqiqah anaknya dengan sembelihan unta dan memberikan makan penduduk Bashrah dengan daging tersebut.

Paket Aqiqah Lengkap dan Murah, Klik Sini.

Pendapat Sebagian Ulama

Sebagian ulama berpendapat bahwa aqiqah hanya boleh dilakukan dengan kambing, selain kambing dihukumi tidak sah.

Diantara yang berpendapat seperti itu adalah sebagian ulama mazhab Imam Maliki.

Lalu Apa Dasar Mereka Tidak Membolehkan Beraqiqah Kecuali Dengan Kambing?

Di antara landasannya adalah ijtihad dari Aisyah ummul mukminin, sebagaimana yang diterangkan dalam riwayat berikut:

قِيْلَ لِعَائِشَةَ : ياَ أُمَّ المـُؤْمِنِين عَقَّى عَلَيْهِ أَوْ قَالَ عَنْهُ جُزُورًا؟ فَقَالَتْ : مَعَاذَ اللهِ ، وَلَكْن مَا قَالَ رَسُولُ اللهِ شَاتاَنِ مُكاَفِأَتَانِ

Dari Ibnu Abi Malikah ia berkata: Telah lahir seorang bayi laki-laki untuk Abdurrahman bin Abi Bakar, maka dikatakan kepada ‘Aisyah: “Wahai Ummul Mu’minin, bolehkah aqiqah atas bayi itu dengan seekor unta?”. Maka ‘Aisyah menjawab: “Aku berlindung kepada Allah, tetapi seperti yang disabdakan oleh Rasulullah SAW, yaitu dua ekor kambing yang sepadan.” (HR. Al-Baihaqi)

Dalam riwayat lain, dari ‘Atha, katanya:

قاَلَتْ اِمْرَأُةٌ عِنْدَ عَائِشَة لَوْ وَلَدَتْ اِمْرَأَة فُلاَن نَحَرْناَ عَنْهُ جُزُورًا؟ قَالَتْ عَائِشَة : لاَ وَلَكِن السُّنَّة عَنِ الغُلاَمِ شَاتَانِ وَعَنِ الجَارِيَةِ شَاةٌ

Seorang wanita bertanya di hadapan ‘Aisyah: “Seandainya lahir seorang bayi laki- laki, apakah boleh mengaqiqahkan dengan seekor unta?.” Berkata ‘Aisyah: “Jangan, tetapi yang sesuai sunah adalah aqiqahi seorang anak laki-laki adalah dua ekor kambing dan untuk anak perempuan seekor kambing.” (HR. Ishaq bin Rahawaih)

Satu tanggapan untuk “BAGAIMANA HUKUM AQIQAH DENGAN SELAIN KAMBING”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
×
×
×
×
×
×
×
×
×
×
×