Kategori
Artikel

Persiapan Sebelum Melaksanakan Aqiqah Sang Buah Hati

Persiapan Sebelum Melaksanakan Aqiqah – Aqiqah adalah ibadah yang pelaksanaannya dengan menyembelih hewan untuk sang buah hati yang terlahir ke dunia. Yang mana hal tersebut dilaksanakan sebagai bentuk ungkapan syukur atas nikmat karunia Allah SWT.

Menurut Hukum Syariat, jika sang buah hati adalah laki laki maka dibutuhkan 2 ekor kambing. Sedangkan jikalau sang buah hati ialah perempuan, maka hanya 1 ekor kambing.

Meskipun demikian, ibadah aqiqah diberlakukan bagi yang mempunyai kemampuan saja. Diperlukan berbagai macam persiapan sebelum menggelar aqiqah, supaya acara berjalan lancar.

Pelaksanaan ibadah aqiqah sendiri disunnahkan pada hari ke tujuh setelah sang buah hati lahir. Sebagaimana berdasarkan hadis berikut

“Setiap anak itu tergadai dengan hewan aqiqahnya, disembelih darinya pada hari ke tujuh, dan dia dicukur, dan diberi nama.” (HR. Imam Ahmad dan dishahihkan oleh At Tirmidzi)

Apabila tidak mampu untuk melaksanakan aqiqah pada hari ketujuh maka bisa diganti pada hari ke 14 atau ke 21. Namun jika tidak dapat melakukan pada hari-hari tersebut, bisa dilaksankan pada hari lainnya. Hal itu dikarenakan merupakan hari-hari yang disunnahkan.

Persiapan-persiapan Sebelum Melangsungkan Aqiqah

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum melaksanakan ibadah aqiqah. Rinciannya bisa dilihat pada pemaparan di bawah ini.

Lembaga Aqiqah

Banyak dari kita, ketika mengurus aqiqah mereka mempercayakan hal tersebut kepada lembaga aqiqah di sekitar tempat tinggal mereka. Hal tersebut dinilai lebih prkatis dan efisien.

Namun, hal yang paling penting diperhatikan ialah tata cara dan teknis pelaksanaan aqiqah dari lembaga tersebut. Baru kemudian ialah kualitas masakan aqiqah dari lembaga aqiqah tersebut

Meskipun begitu, di beberapa lokasi masih dijumpai pelaksanaan aqiqah masih dikelola oleh pihak keluarga dan dibantu oleh tetangga. Mulai dari membeli kambing, menyembelih, memasak, sampai dengan mendistribusikan kepada tetangga.

Apakah itu salah? tentu saja tidak. Lembaga aqiqah sendiri terwujud karena adanya “problem” yang hal tersebut hanya bisa terselesaikan oleh adanya lembaga aqiqah ini.

Hewan yang akan disembelih

Ini merupakan sebuah kepastian yang tidak akan bisa digantikan. Jikalau sang buah hati adalah laki laki maka dibutuhkan 2 ekor kambing. Sedangkan jikalau sang buah hati ialah perempuan, maka hanya 1 ekor kambing.

Ustadz atau Kyai

Dalam pelaksanaan ibadah aqiqah, peran dari ustadz atau kiyai memang vital. Karena merekalah yang lebih paham mengenai tata cara pelaksanaan ini dan orang yang baik dalam mendoaakan anak kita.

Beberapa lembaga aqiqah juga menyediakan fasilitas kontak person ustadz maupun kiyai yang bisa dihubungi untuk mengisi acara. Disarankan memilih yang benar benar mengerti akan hal ini.

Alat cukur rambut

Dalam acara aqiqah tentu akan dibarengi dengan mencukur rambut sang bayi. Pencukurannya sendiri bisa sedikit saja maupun bisa dicukur sampai botak.

Tentunya keberadaan alat cukur rambut untuk acara aqiqah ini sangat dibutuhkan. Namun, perlu pula dsiapkan peralatan lain seperti nampan atau wadah lainnya.

Anda juga bisa memberikan hiasan hiasan pada alat cukur tersebut atau wadahnya agar terlihat apik. Dan masih banyak bentuk hiasan lain yang bisa anda terapkan.

Dekorasi Ruangan dan Sound System

Jikalau kita mengundang banyak orang ke rumah untuk menghadiri acara aqiqah, tentu hal-hal seperti ini menjadi perhatian. Siapkan dekorasi agar rumah tampak rapi maupun elegan.

Anda bisa mengkreasikan dekorasi sesuai keinginan. Misalnya menyiapkan dekorasi rumah dengan tema hijau disandingkan dengan hiasan seperi bunga-bunga juga tanaman kecil.

Kotak Bayi

Dalam acara aqiqah tentu ada orang yang juga ingin melihat bayi anda. Untuk itulah sediakan kotak wadah untuk bayi anda. Agar irit pengeluaran, maka anda bisa meminjamnya dari saudara atau tetangga dan menghiasnya

Undangan dan Makanan

Undangan dirasa perlu untuk acara aqiqah, karena ada beberapa orang tidak akan datang jika tidak diundang. Untuk desainnya sendiri, anda bisa mengaturnya sesuai dengan anggaran anda. Untuk jaman sekarang bisa dipertimbangkan menggunakan undangan dalam bentuk e-card.

Untuk hidangan makanan sendiri, pastikan makanan olahan kambingnya terhidang dengan rapi dan bersih. Untuk makanannya, bisa menghidangkan makanan seperti gulai ataupun sate. Anda bisa mempercayakan hal tersebut pada lembaga aqiqah kami dengan memesan paket aqiqah syariah.

Sekian mengenai Persiapan Sebelum Melaksanakan Aqiqah Sang Buah Hati, yang bisa anda gunakan sebagi referensi dalam melaksanakan aqiqah. Semoga bermanfaat

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
×
×
×
×
×
×
×
×
×
×
×