Kategori
Artikel

Umur Kambing untuk Aqiqah yang Perlu Diketahui

Umur Kambing untuk Aqiqah – Setiap orang tua yang sedang mempersiapkan aqiqah untuk sang buah hatinya, seyogyanya mengetahui sekelumit tentang aqiqah itu sendiri. Memang tidak semuanya perlu mengetahui, karena ada hal terperinci yang hanya beberapa orang saja yang tahu.

Namun mengenai umur kambing yang akan digunakan aqiqah buah hati apakah orant tua tidak perlu tahu?

Sebelum membahas lebih mendalam mengenai hal tersebut. Maka kiranya akan kami sampaikan ketentuan ketentuan aqiqah agar sesuai syariat islam. Setidaknya agar aqiqah yang akan kita laksanakan sesuai.

Tata pelaksanaan Aqiqah untuk sang buah hati

Berikut sekelumit perkara yang perlu diketahui dan diperhatikan ketika melaksanakan aqiqah untuk buah hati tercinta

1. Waktu Pelaksanaan Aqiqah

Waktu yang afdhol saat melaksanakan aqiqah menurut sebagian ulama ialah hari ketujuh setelah kelahiran sang buah hati. Tetapi jikalau orang tua sang bayi memiliki halangan ketika melaksanakan maka bisa dilakukan saat hari ke 14 ataupun ke 21

Salah satu riwayat datang dari Abu Buraidah R.A Aqiqah itu disembelih pada hari ketujuh, atau keempat belas, atau kedua puluh satunya (H.R Baihaqi dan Thabrani). Dapat disimpulkan bahwasanya aqiqah dapat dilaksanakan pada hari ketujuh, keempat belas, maupun dua puluh satu.

2. Kambing Aqiqah

Melaksanakan aqiqah memerluka hewan yang perlu disembelih, salah satunya ialah kambing. Menurut hukum islam, untuk kelahiran bayi laki-laki maka kambing untuk aqiqahnya adalah 2 ekor sedangkan jika yang terlahir adalah bayi perempuan maka kambing aqiqah dicukupkan satu

Sedangkan mengenai umur dari kambing yang kelak akan disembelih saat aqiqah ialah seminimalnya berusia satu tahun dan jika domba maka umurnya minimal 6 bulan. Jadi memilih kambing untuk aqiqah anak harus selektif dari segi usia sampai kesehatannya.

3. Kesunnahan yang dilakukan ketika Aqiqah

Ibadah aqiqah tidak hanya sebuah acara menyembelih untuk sang anak saja. Namun ada beberapa kesunnahan-kesunnahan lainnya. Seperti halnya ialah mencukur rambut sang buah hati, yang mana selanjutnya rambut tersebut ditimbang dan bersodaqah seharga berat dari hasil timbangan.

Selain itu juga pada saat itu juga dilaksankaan penamaan untuk sang buah hati. Berikanlah nama yang baik, karena nama ialah salah satu wujud dari doa.

4. Jenis Hewan untuk Aqiqah Anak

Kambing yang digunakan dalam aqiqah tidak terikat jantan maupun betina. Keduanya baik untuk aqiqah, asalkan kambing tersebut sudah masuk kedalam syarat sahnya hewan untuk aqiqah

Ada salah satu riwayat dari Aisyah R.A berkata bahwasanya Nabi Muhammad SAW memerintahkan mereka agar disembelihkan aqiqah dari anak laki-laki dua ekor domba yang sepadan dan dari anak perempuan satu ekor. (Shohih Riwayat At Tirmidzi).

Ketentuan dan Syarat Kambing untuk Aqiqah

Berkut ini ialah hal-hal yang perlu diketahui ketika akan menentukan hewan yang kelak akan dijadikan hewan untuk aqiqah sang buah hati

Hewan yang digunakan aqiqah ialah hewan mamalia kecil, seperti kambing, domba ataupun biri-biri.

Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas ialah bahwasanya umur kambing untuk aqiqah sang anak ialah satu tahu untuk kambing, jika domba maka minimal 6 bulan

Tidak mengapa jika kambing tersebut ialah jantan maupun betina seperti yang telah dijelaskan di atas

Jadi itulah ulasan terkait umur kambing aqiqah yang bisa dijadikan sebagai referensi. Selain dari syarat yang telah disampaikan di atas maka perhatikan juga syarat-syarat lainnya seperti mengenai kesehatan kambing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×
×
×
×
×
×
×
×
×
×
×
×